AR_VOKS_2014 - page 10

Sementara itu peningkatan harga bahan impor akibat melemahnya
nilai tukar menyebabkan tingkat inflasi sepanjang tahun 2014
mencapai 8,36% jauh lebih tinggi dari target inflasi dalam APBN
tahun 2014 sebesar 5,2%. Nilai tukar rupiah rata-rata tahun 2014
sebesar Rp. 11.878 / US$ mengalami pelemahan dibandingkan
dengan target APBNP tahun 2014 sebesar rata-rata Rp. 11.600 /
US$. Depresiasi nilai tukar rupiah dipengaruhi faktor internal
tingginya defisit neraca pembayaran dan faktor eksternal terutama
oleh sentimen naiknya suku bunga AS.
Kinerja perusahaan tahun 2014 tidak terlepas dari dampak
melambatnya pelaksanaan proyek-proyek pembangunan
Pemerintah tidak terkecuali proyek-proyek kelistrikan PLN yang
didanai melalui APBN, akibat pengurangan belanja infrastruktur
pemerintah untuk menutupi membengkaknya subsidi BBM.
Seiring dengan turunnya permintaan, perusahaan juga
menghadapi tantangan lain yang sulit yaitu melambatnya
pencairan dana proyek-proyek yang didanai APBN karena adanya
peralihan pemerintahan.
Pada tahun 2014, selain menghadapi turunnya permintaan,
perusahaan juga dihadapkan pada harga jual yang tidak banyak
berubah. Disisi lain harga perolehan bahan baku yang sebagian
besar berasal dari pengadaan tahun 2013 cukup tinggi. Turunnya
permintaan serta harga jual disatu pihak dan tingginya harga
bahan-baku dalam persediaan yang diperoleh pada tahun 2013,
karena melemahnya nilai tukar rupiah, telah mengakibatkan kinerja
perusahaan tahun 2014 mengalami penurunan yang tajam.
Total nilai penjualan perusahaan di tahun 2014 turun sebesar 23,0%
dibanding tahun 2013, menjadi Rp. 2,0 triliun. Pada tahun 2014
perusahaan membukukan laba kotor sebesar Rp. 104, 9 milyar atau
5,4% terhadap penjualan yang merupakan titik nadir pencapaian
dalam 10 tahun terakhir. Pada gilirannya Perusahaan mencatat laba
usaha serta laba bersih negatif masing-masing Rp. (24,3) milyar
dan Rp. (85,3) milyar atau -1,2% dan -4,3% terhadap penjualan.
Rendahnya kinerja perusahaan tahun 2014 karena terimplikasi oleh
kerugian dari carry over kontrak - kontrak yang dimenangkan pada
tahun 2013 ke tahun 2014.
Pertumbuhan ekonomi dalam RAPBN Perubahan tahun 2015
diperkirakan sebesar 5,8%. Dari sisi domestik, perkiraan
pertumbuhan ini juga disumbang oleh bauran kebijakan ekspansif
yang diterapkan oleh Pemerintahan baru. Realokasi dana subsidi
BBM dan program penghematan belanja pemerintah yang
digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan belanja yang
lebih produktif diharapkan memberikan dorongan terhadap
pertumbuhan ekonomi.
Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun 2015,
Pemerintah mengalokasikan Rp. 81,3 triliun untuk Kementrian
Pekerjaan Umum dan Rp. 44,9 triliun untuk Kementrian
Perhubungan. Di dalam infrastruktur perhubungan, Pemerintah
akan melakukan pembangunan untuk mendorong pertumbuhan
ekonomi, yang terdiri pembangunan 265 km jalur kereta api baru,
termasuk jalur ganda, serta pengadaan 48 unit lokomotif kereta rel
di sel & Kereta Api listrik, Tram dan railbus.
Meanwhile the increase in the price of imported materials due to
the weakening of the exchange rate has led to 8.36% inflation rate
in year 2014, much higher than the state budget targeted of 5.2%.
The average exchange rate of rupiah in 2014 was Rp. 11,878 / US$
weakened compared with the revised budget targets in 2014 of
rupiah 11,600 / US$. Depreciation in the exchange rate are
influenced by the internal factor of high balance of payments
deficit and external factors such by sentiment of US$ interest rates
rising.
The company's 2014 performance was also affected by the
slowdown of government development projects such as state
budget funded PLN electricity projects, due to the reduction of
government infrastructure spending in order to cover fuel subsidy
expansion. Along with the decrease in demand, the company also
faced another challenge in the slowdown of disbursement of funds
for state budget funded projects due to the transition of new
government.
In 2014, in addition to facing the decline in demand, the company
also faced a decline in selling prices. On the other hand the
acquisition cost of raw materials, which mostly comes from the
procurement of 2013 was high. The decline in demand and sales
price in one side as well as high price of raw materials in inventory
acquired in 2013, due to the weakening of the exchange rate, has
resulted in the sharp decline in the company's 2014 performance.
The total value of the company's sales in 2014 decreased by 23.0%
against 2013, at Rp. 2.0 trillion. In 2014, the company recorded a
gross profit of Rp. 104.9 billion or 5.4% of sales, which is the lowest
achievement in the last 10 years. In turn, the Company recorded
negative operating and net income of Rp (24.3) billion and
Rp(85.3) billion or -1.2% and -4.3% to sales.
The Company's low performance in 2014 was also generated by the
loss from the carryover of contracts during 2013 to 2014.
Economic growth in the 2015 Draft Budget Amendment is
estimated at 5.8%. On the domestic front, the expansionary policy
mix implemented by the new government also contributes the
growth forecast. Reallocation of fuel subsidies fund and budget cut
program that are used for infrastructure development and more
productive expenditure are expected to give a boost to
economic growth.
In the 2015 State Budget, the Government allocated Rp. 81.3 trillion
for the Ministry of Public Works and Rp. 44.9 trillion for the Ministry
of Transportation. In transportation infrastructure, the Government
will undertake the developments to support economic growth,
which includes the construction of 265 km of new railway lines,
including double track, as well as the procurement of 48 units of
locomotive in cells and railway electricity, tram and railbus.
09
PT Voksel Electric Tbk.
Annual Report 2014
1,2,3,4,5,6,7,8,9 11,12,13,14,15,16,17,18,19,20,...158
Powered by FlippingBook